Karakter Pemimpin

Seperti yang Anda ketahui, saya adalah pendukung besar karakter sebagai fondasi kepemimpinan yang hebat. Menurut pengalaman saya selama 30 tahun terakhir baik di universitas maupun bisnis, bahwa karakter pemimpin lebih berkaitan dengan kesuksesan tertinggi daripada apa pun, termasuk kompetensi, keberanian, dan tentu saja lebih dari sekadar karisma.

Karena karakter sangat penting untuk relawan bobby nasution untuk calon walikota medan kepemimpinan yang hebat, apa saja komponen penting dari karakter yang hebat?

Elemen # 1: Kebijaksanaan

Karena karakter adalah kekuatan dari keyakinan moral Anda, kebijaksanaan adalah kemampuan untuk membedakan yang benar dari yang salah. Itu berpusat pada fondasi moral yang di atasnya Anda menjalani hidup dan tim Anda. komunitas relawan bobby nasution Kebijaksanaan kepemimpinan jauh lebih sedikit berkaitan dengan pengetahuan buku yang terkumpul, gelar perguruan tinggi, atau bahkan pengalaman kerja daripada dalam ketajaman, pemahaman, dan pengakuan atas keputusan yang benar secara moral.

Oleh karena itu, para pemimpin yang hebat memiliki pemahaman yang jelas tentang prinsip-prinsip moral yang akan mereka pimpin. Butuh waktu untuk mengungkap dan mendefinisikan “kompas moral” mereka. Kemudian semua yang mereka lakukan didasarkan pada kompas pribadi mereka, apa yang mereka perjuangkan dan lawan.

Elemen # 2: Integritas

Integritas adalah kebijaksanaan dalam tindakan, berperilaku dengan cara yang Anda tahu benar daripada cara yang hanya bijaksana. Pemimpin yang kurang berintegritas akan sering mengatakan hal-hal seperti, “Lakukan apa yang saya katakan – bukan seperti yang saya lakukan.” Apa yang mereka katakan dan apa yang mereka lakukan tidak selaras. Secara sederhana, integritas menjalankan apa yang Anda katakan.

Dalam hal karakter kepemimpinan, integritas berarti melakukan apa yang Anda tahu adalah hal yang benar untuk dilakukan. Pemimpin yang hebat tahu apa yang mereka perjuangkan (kebijaksanaan) dan oleh karena itu, bersedia melakukan apa yang mereka katakan dan yakini.

Elemen # 3: Disiplin diri

Disiplin diri adalah melakukan apa yang benar (kebijaksanaan + integritas) bahkan ketika Anda tidak menginginkannya. Entah karena kelebihan beban, pertentangan, atau kelelahan, disiplin diri adalah karakter yang sering memisahkan pemimpin yang baik dari pemimpin yang hebat. Ketika kita melihat disiplin diri di tempat kerja yang terkait dengan kebijaksanaan dan integritas, maka kita jauh lebih mungkin bergabung dalam pekerjaan itu dan menyelesaikan pekerjaan itu terlepas dari hambatan atau bebannya.

Karakter Kepemimpinan Beraksi

Salah satu alasan utama banyak klien saya mempekerjakan saya sebagai pelatih bisnis / kepemimpinan mereka adalah tidak hanya membantu mereka mewujudkan tujuan mereka tetapi juga membantu meminta pertanggungjawaban mereka untuk mencapai tujuan mereka. Proses pembinaan saya mengajari mereka sistem sederhana untuk disiplin diri yang lebih besar yang berfungsi sebagai katalisator menuju kesuksesan dan signifikansi akhir mereka.

Apakah bekerja dengan mitra akuntabilitas semacam itu merupakan tanda karakter yang lemah? Benar-benar tidak! Itu sebenarnya membangun karakter kepemimpinan yang lebih kuat. Mengapa? Selaras dengan mitra akuntabilitas (pelatih, kolega, lainnya) menunjukkan bahwa pemimpin memiliki kebijaksanaan dan integritas untuk meminta orang lain membantu meminta pertanggungjawaban mereka untuk terus melakukan hal yang benar.

Karakter kepemimpinan Anda dibangun di atas kebijaksanaan, integritas, dan disiplin diri. Ketiganya penting. Ketiganya penting bagi Anda untuk menjadi pemimpin yang berpengaruh dan signifikan.

Jadi, bagaimana saya melewatkan sesuatu? Apakah Anda melihat kepemimpinan yang hebat dari sudut pandang yang berbeda? Bagikan komentar Anda dengan kami dan mari kita semua belajar bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *