Atribut Pemimpin Hebat

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa saya memilih untuk menulis artikel lain tentang atribut seorang pemimpin yang baik. Tapi tunggu! Ini bukan tentang pemimpin yang baik, ini tentang atribut pemimpin yang hebat! Saya telah melihat banyak makalah tentang subjek ini, seperti yang mungkin pernah Anda lakukan, dan menganggapnya berguna dan terkadang berwawasan. Tetapi setiap atribut meninggalkan yang saya Seorang Pemimpin Lahir rasa diperlukan dalam seorang pemimpin yang hebat .

Saya mengundang Anda untuk mempertimbangkan atribut yang saya bahas dalam artikel singkat ini. Anda bisa menjadi pemimpin yang baik jika Anda tidak memiliki semua atribut ini, tetapi jika Anda bercita-cita menjadi pemimpin calon walikota medan 2020 yang hebat, berusahalah untuk menambahkan atribut yang hilang ke karakteristik pribadi Anda – kotak peralatan kepemimpinan Anda, jika Anda mau.

Sama seperti pria yang membangun rumahnya di atas batu dan bukan pasir, penting bagi para pemimpin untuk memiliki landasan asas yang kuat untuk diandalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sudah pasti ada artikel dan bahkan buku tentang topik ini, tetapi saya mengundang Anda untuk meninjau Undang-Undang Pramuka untuk daftar praktis dari prinsip-prinsip yang mendalam dan dapat dipahami yang telah bertahan dalam ujian waktu.

Hukum Pramuka

Seorang Pramuka dapat dipercaya, setia, membantu, ramah, sopan, baik hati, patuh, ceria, hemat, berani, bersih, dan hormat.

Definisi untuk prinsip-prinsip ini dapat ditemukan di kamus yang bagus, dan meskipun Hukum Kepanduan adalah tempat yang baik untuk memulai, ada lebih banyak hal untuk menjadi pemimpin yang hebat daripada hanya dasar-dasar ini!

Seorang pemimpin harus dapat diandalkan sekuat batu. Prajurit menyukai pemimpin yang memenangkan pertempuran dengan strategi dan taktik, bukan keberuntungan. Karyawan menyukai pemimpin yang memastikan gaji berikutnya dengan keputusan yang baik, bukan kebetulan. Anak-anak menyukai orang tua yang konsisten tetapi fleksibel. Seseorang yang memiliki ide yang muncul di semua tempat bukanlah seorang pemimpin, meskipun dia mungkin dianggap sebagai pengusaha pemula.

Pemimpin hebat memiliki karisma sejati, yang didefinisikan sebagai jenis kepemimpinan yang membangkitkan loyalitas atau antusiasme yang dianut secara luas untuk bertindak. Pemimpin karismatik sangat inspiratif dan pandai bicara.

Winston Churchill tidak hanya inspiratif dan pandai bicara, tetapi terutama karismatik pada saat pembuat keputusan yang baik tidak akan cukup untuk tantangan yang dihadapi Inggris. Bayangkan dampak pernyataan ini terhadap penduduk Inggris ketika mereka menghadapi kehancuran di tangan Hitler: Kami akan mempertahankan pulau kami, berapapun biayanya, kami akan berperang di pantai, kami akan bertarung di tempat pendaratan, kami akan bertarung di ladang dan di jalanan, kami akan bertarung di bukit; kami tidak akan pernah menyerah.

Banyak yang menganggap Churchill sebagai perekat yang menyatukan Inggris di hari-hari tergelap Perang Dunia II. Dia mempersonifikasikan frase tangkap, Keep Calm and Carry On , yang disiapkan pada tahun 1939 untuk mengantisipasi serangan udara Nazi.

Seorang pemimpin yang hebat berkomunikasi dengan jelas, ringkas, dan akurat. Seorang pemimpin yang hebat tahu bahwa sebelum berbicara, dia harus menjadi pendengar yang baik. Anda juga akan menemukan bahwa para pemimpin terbaik tidak berteriak dan menjerit – mereka berbicara dengan lembut sehingga semua dapat mendengar dan mengerti.

Pemimpin terbaik akan menetapkan titik acuan yang sama sehingga mereka yang dipimpinnya tidak hanya mengetahui apa misinya tetapi juga memahami langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang dinyatakan dengan jelas itu sebagai sebuah tim. Upaya kolaboratif lebih berharga daripada kontribusi individu anggota tim.

Lebih dari sekedar memiliki belas kasihan untuk sesamanya, seorang pemimpin yang hebat benar-benar peduli pada orang lain. Dia tidak hanya berlomba di depan, dia mengatur langkahnya dan menjadi guru serta motivator bagi mereka yang akan dipimpinnya. Dia menyadari bahwa kesuksesannya dibangun di atas pundak orang lain. Pikirkan tentang Wright Brothers; sementara mereka diakui sebagai yang membawa kita ke era penerbangan modern, mereka dengan cepat menunjukkan bahwa kesuksesan mereka dibangun di atas tahun coba-coba oleh orang lain.

Seorang pemimpin yang hebat tidak termakan oleh dirinya sendiri; sebenarnya, dia mencari nasihat dari pria dan wanita bijak, dan kemudian dia memiliki keberanian untuk mengikuti nasihat yang baik! Contoh dari seorang pemimpin modern yang membungkus dirinya sendiri adalah Jenderal Douglas MacArthur. Mengingat masa pensiunnya pada awal Perang Dunia II, ia membiarkan egonya meningkat sedemikian rupa sehingga setiap tindakan di teater operasinya harus memiliki imprimaturitas pribadinya sebelum melanjutkan. Sikapnya menyebabkan gesekan di setiap tingkat pemerintahan, sampai pada titik di mana, selama Perang Korea, dia akhirnya dibebastugaskan oleh Presiden Truman, Panglima Tertinggi.

Berbicara tentang keberanian, kita tidak sedang berbicara tentang keberanian yang dibawa seorang prajurit bersamanya setiap menit, sehebat itu. Di sini, kita berbicara tentang keberanian yang dibutuhkan untuk mengambil sikap ketika Anda tahu itu benar, bahkan jika itu tidak populer.

Seorang pemimpin yang hebat tidak hanya berkomitmen pada visinya, dia juga bertanggung jawab atas tindakannya. Dia termotivasi oleh hasil, bukan oleh metode, dan jelas menikmati pekerjaannya. Selalu menyadari bahwa dia bertanggung jawab, dia dengan mudah mendelegasikan kepada orang lain.

Atribut lainnya adalah pemimpin yang hebat itu bahagia, memiliki sikap positif, dan bersyukur atas keadaannya. Meskipun dia tahu bahwa hujan menyebabkan lumpur yang akan membuatnya berada dalam kesulitan, dia memilih untuk melihat hujan sebagai bagian penting dari kehidupan, dan karena itu bersuka ria dengan sifat yang memberi kehidupan. Dalam hidup, ia melihat tantangan sebagai peluang, dan kesulitan sebagai aset, untuk membantunya tumbuh.

Setiap pemimpin yang hebat memiliki lebih dari cukup energi untuk pekerjaan yang dia lakukan. Para pengikutnya secara konsisten bertanya, “Dari mana dia mendapatkan semua energi itu?” Meskipun banyak yang akan menganggapnya sebagai pekerja keras, dia sangat sering menerapkan prinsip: “Bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras!”

Salah satu atribut utama dari seorang pemimpin yang hebat adalah kemampuan mereka untuk mengenali dan mengelola gangguan; mereka terorganisir dan telah mengembangkan keterampilan perencanaan yang sangat baik. Mereka mengenali dan kemudian fokus pada tugas-tugas penting, bukan hanya yang penting.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *